Manfaat Madu Mentah

Manfaat Madu Mentah

Manfaat madu mentah savana.

Tidak seperti madu produksi pabrik, madu mentah savana tidak melalui berbagai proses pengolahan seperti penyaringan maupun pasteurisasi.

Madu mentah savana yang diambil langsung dari sarang lebah tanpa proses macam-macam akan memiliki banyak manfaat2 penting sesuai dg fitrahnya madu. beberapa elemen menyehatkan yang tak dimiliki madu ‘pabrikan’. Ada pada madu mentah. Beberapa element tersebut adalah bee pollen, lilin lebah, propolis lebah, dan cukup banyak antioksidan. 

madu mentah telah diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Medical News Today mengungkapkan ada beragam manfaat yang bisa diambil dari madu mentah. Berikut ini adalah antaranya.

Efek Antioksidan

Peneliti meyakini bahwa sebagian dari manfaat kesehatan madu berasal dari kandungan antioksidannya. Madu alami diketahui mengandung cukup banyak senyawa yang berperan sebagai antioksidan seperti phytochemical, flavonoid, dan asam askorbat.

Di dalam tubuh, antioksidan dapat menurunkan stres oksidatif dengan cara membersihkan radikal-radikal bebas. Stres oksidatif seringkali dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan kronis.

Belum ada penelitian secara spesifik untuk melihat pengaruh proses pasteurisasi pada antioksidan di dalam madu. Akan tetapi berdasarkan studi-studi lain, proses pemanasan makanan dapat menurunan kandungan antioksidan.

Nutrisi

Nutrisi dan komposisi kimia pada madu mentah sangat bervariasi, bergantung pada negara, lingkungan hingga bunga yang digunakan lebah untuk mengumpulkan nektar. Terlepas dari itu, madu tetap memiliki banyak senyawa menyehatkan seperti antioksidan, asam amino, dan vitamin.

Satu sendok teh atau sekitar 21 gram madu mentah mengandung 64 kalori dan 16 gram gula. Madu alami juga memiliki sedikit kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah kecil seperti niacin, riboflavin, pantothenic acid, kalsium, magnesium, mangan, kalium, fosfor dan zinc.

Efek Antibakteri

Madu merupakan agen antibakteri dan antimikroba alami. Madu mengandung hidrogen peroksida dan glukosa oksidase, serta memiliki tingkat pH yang rendah. Komposisi kimia madu yang untik juga membuat ragi maupun bakteri tidak dapat berkembang.

Karena sifat antibakteri ini, banyak orang yang menggunakan madu untuk membersihkan luka. Penelitian bahwan membuktikan bahwa jenis madu tertentu dapat membunuh patogen-patogen umum seperti E.coli hingga S.aureus, dan H.pylori.

Catatan : Meski banyak sekali manfaat madu mentah tidak boleh di konsumsi untuk anak di bawah 2 tahun y.. karena meskipun kaya manfaat ada beberapa bakteri baik yg belum mampu di cerna oleh anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *