Semut Pada Madu

Semut Pada Madu

Seringkali kita beranggapan bahwa madu yang asli itu tidak disemuti. Sebagian besar dari pemahaman tersebut adalah pemahaman yang datang hanya dari informasi mulut ke mulut tanpa adanya upaya pencarian informasi yang sebenarnya.

madu asli tidak dikerubuti semut Sekali lagi, Pendapat seperti ini adalah salah. Kami telah menguji hampir setiap madu yang bisa kami uji. baik madu lokal maupun madu dari luar negeri. dan hasilnya selalu sama “semut suka dengan madu”. dan kalau anda suatu saat membeli madu, lalu madu itu tumpah dan semut tidak ada yang mendekat ke madu yang tumpah itu. jangan senang dulu, bisa jadi madu tersebut adalah madu palsu yang mengandung bahan pengawet berbahaya yang jangankan manusia, hewan saja tak akan mau mendekati madu yang mengandung racun tersebut.

 

Masih Tidak Percaya Madu Asli Tidak Dirubung Semut Itu SALAH?

Pada dasarnya semut suka yang manis-manis termasuk manis pada madu. Semut hitam kaki panjang suka dengan beberapa jenis madu. Berbeda dengan semut gula, yakni semut yang besarnya cuma separoh dari semut hitam kaki panjang dan berwarna agak kekuningan, semut ini menyukai hampir semua jenis madu. Untuk melihat ada atau tidaknya semut mengerubungi madu tidak bisa dijadikan standar untuk mengukur asli atau tidaknya madu. Bagi yang biasa mengkonsumsi madu akan mengetahui bahwa semut tidak menyukai madu hanyalah sebuah mitos yang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebab madu merupakan larutan yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sakarosa dalam air, dengan komposisi sekitar 80% gula dan 20% air.

 

Pendapat Pakar Tentang Madu Asli Dan Semut

Semut merupakan hama bagi lebah penghasil madu. Seperti di jelaskan Prof. Dr. D.T.H Sihombing guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) dibukunya ‘Ilmu Ternak Lebah Madu’, cetakan pertama Februari 1997, diterbitkan Gadjah Mada University Press Yogyakarta Hal 173, antara lain dijelaskan “… menjadikan sebagai rantai makanan yang mengangkut madu, telur dan larva …”

Pendapat di atas juga di dukung oleh RM. Sumo Prastowo, C.D.A dan R. Agus Suprapto, BA. Dibukunya ‘Beternak Lebah Madu Modern’, cetakan ketiga 1993, penerbit Bhratara Jakarta hal.203 yang antara ain di jelaskan “… semut membuat sarang dalam stup/sangkar lebah dan numpang makan di situ …”

Bahkan di Sarang Lebah pun Ditemukan Semut

Tak hanya mengerumuni madu yang ada di meja makan kita, bahkan sejak di sarang lebah pun, semut berupaya mengambilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *